Indahnya ISLAM ^^ This is My Way

Sabtu, 01 Januari 2011 § 4

Salam J

Wah ini hari pertama ya ditahun 2011 ya? Tepatnya  Sabtu, 1 Januari 2011
Yeah, udah memasuki tahun 2011. Dan gg ada salahnya saya mulai hari ini dengan mengikuti kajian tablig Akbar di Masjid Agung dpn alun2 Cilacap.  Ingat brosur yg saya dapat, dan SMS dari temen. Langsung aja deh datang, dengan tema “Indahnya Islam”  bersama Ustadz H. Abdulloh Zain, LC, MA

Langsung aja ke isi kajian, semoga bermanfaat sebagai pembuka tahun 2011 J Amin
(editan dan rangkuman yang saya dengar tadi,)


“Sesungguhnya Allah itu Indah dan Mencintai Keindahan....” (HR Muslim)
Keindahan ISLAM adalah kesempurnaan pedoman dan petunjuk Menuju masa Depan
Keramahan ISLAM adalah sebuah keniscayaan  yang  membawa kita pada kebahagiaan abadi.
Oleh karena  itu amat merugilah bila seseorang muslim yg tidak mengetahui keindahan syari’at agamanya, sehingga ia tidak akan dapat merasakannya dalam kehidupan nyata. 
Okeh untuk itu dengan tulisan ini saya mengajak teman-teman untuk bersama-sama menikmati keindahan Islam.

‘Sesungguhnya apa sih ISLAM???? Lalu apa Indahnya?’
Jika seseorang memberikan pertanyaan tersebut kepada teman-teman, apa yang akan teman-teman jawab? Hmm, apakahl teman-teman mengerti apa yang akan teman-teman jawab? Ataukah malah bingung?  Wah mungkin masalah ini akan menjadikan sesuatu yg amatlah penting  jika seseorang yang tadinya berniatan untuk mengetahui islam lebih dalam dan berniat untuk masuk dalah Islam.
Apabila kita menjawab dengan benar, mungkinlah tidak akan menjadi masalah, namun jika tidak menjawabnya dengan ilmu?


Pengertian Islam tak hanyalah terdapat dalam penjelasan Rukun Islam dan Iman saja,  bagi orang yang awam mungkin pengertian tersebut terlalu panjang dan kurang jelas, karena sebelumnya mereka tidak mengetahui apalah Rukum Iman, Rukun islam tersebut.

Pengetian Islam Ibarat pohon,
 jadi akarnya ialah  Berserah diri kepada Allah dengan Tauhid (menjalankan ibadah hanya kepda Allah semata)
Dan sebagai batangnya Patuh kepada Allah dengan Ketaatan (seperti tadi meliputi rukun Islam, rukun Iman dll)
Dan sebagai cabang-cabangnya ialah Melepaskan/ menjauhkan dari Syirik (beribadah selai Allah)


125. Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya. (QS An-Nisaa’ 125)

Islam itu ialah agama Tauhid, memurnikan ibadah hanya kedapa Allah Al-Ahad.

5.Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.(QS Al-Bayyinah 5)

Jadi  agama Tauhid ialah agama yang menyembah satu Tuhan, seperti agama samawi yg lain. Sebelumnya mereka menyembah satu Tuhan. Namun kenyataannya agama samawi yg lainnya telah terkontaminasi bukan ajaran para nabi.
Sesungguhnya Nabi-Nabi kita ialah saudara, ibarat saudara satu Ayah namun berbeda Ibu, Ayah seperti ajaran tauhidnya hanya kepada Allah, namun Ibunya seperti Fiqih, Fiqih yang berbeda-beda yang mereka bawa. Dan Allah telah menyempurnakannya dengan Islam menurunkan Al-Qur’an yang dibawa  oleh Rasul Muhammad Salallahu’alaihi Wasalam, dan sebagai penutup ajaran2  sebelumnya.

Lalu mengapa kita perlu mengetahui Indahnya Islam??
·         Dapat meningkatkan/mempertebal keimanan dan  semakin kokoh
·         Dan semakin banyak yang mencemarkan Islam,  dari orang internal maupun eksternal.

Terus apa Indahnya islam???
Oke ini mungkin yang paling ditunggu oleh teman2 , hahaha seperti saya saat itu :D

Indahnya Islam ajaran Tauhid :
1. Konsentrasi penuh, tertuju hanya kepada Allah.

29. Allah membuat perumpamaan (yaitu) seorang laki-laki (budak) yang dimiliki oleh beberapa orang yang berserikat yang dalam perselisihan dan seorang budak yang menjadi milik penuh dari seorang laki-laki (saja); Adakah kedua budak itu sama halnya? Segala puji bagi Allah tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui. (QS Az-Zumar 29)

Ibarat budak, ada budak yang memiliki majikan banyak dan ada seorang lagi yang hanya memiliki satu majikan. Berat yang mana?
Enak yang majiakannya banyak kali ya ntar kan gajinya banyak juga, Hhehehe. Wah tapi kalo dilihat dari beratnya, jelas lebih berat yang majikannya banyak, karena tugasn yg diberikan juga banyak. Namun jika satu alangkah lebih ringannya budak itu.
Ibarat perumpamann tadi, itulah Islam. Idah, hanya Allah Al-Ahad semata yang kita sembah J Dan banyak sekali keringanan yang Allah berikan, Subhanallah. Indahnya Islam

Ada satu perumpamaan lagi, apabila kita percaya terhadap jimat, dan suatu saat tidak mimbawanya, pastilah orang tersebut kebingungan dahwa penyelamatnya tertinggal, dia yakin pasti dia tdk selamat. Namun beda dengan orang Muslim, orang Islam yang kemanapun dia berada, dia selalu ingat bahwa Allah Ar-Rahman selalu ada bersamanya.

2.  Islam adalah ajaran yang sempurna

.... Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa  karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS Al-Maa’idah 3)

Resiko Sempurna ialah, tidak dapat ditambahkan dan tidak dapat dikurangkan, dan Islam adalah agama sempurna yang tidak dapat ditambahkan dan tidak pula dapat dikurangkan.
Dan kita akan merasa damai tentram,  dan tenang karena yakin bahwa agama yang sempurna tdk adanya perubahan penambahan dan pengurangan, dan penuh kepastian.

Bayangkan jika Islam selalu berubah2 ajaran bahkan isi Al-Qur’an kita akan selalu khawatir akan perubahan tersebut. Dan betapa ribetnya :D
Dan Allah sendiri yang menjaga Al-Qur’an dan tidak dapat  di ubah-ubah isinya.
Subhanallah ya J

Dalam islam juga tidak hanya memerintahkan untuk mementingkan kehidupan Akherat kelak, namun juga tetap memperhatikan kehidupan di Dunia. Tetap adanya keseimbangan, dan tak dibenarkan oleh Rasulullah bahwa kita hanya terus beribadah namun tidak mementingkan sesama.
Di Islam juga mengatur hubungan antara Allah dengan manusia, dan hubungan manusia dengan sesama manusia. Sesama hewanpun diatur cara menyembelihnya, dari yang menggunakan benda tajam sampai tatacara yang lain,(QS Al-Maa’idah ayat 3) Masya Allah begitu detailnya Allah mengaturnya J

3.    3.  Islam adalah Agama yang berlaku kapan dan dimanapun berada

19. Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab[189] kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. (QS Ali Imran 19)

Islam itu melewati lintas  waktu dan tempat, artinya apa yang dipraktekan kapan saja dan dimanapun akan langgeng sampai kapanpun dan dipraktekkan sampai akhir zaman. Krena yang menurunkan ialah Allah.

4.   4.    Islam adalah agama yang mudah

....Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu... (QS Al-Baqarah 185)
Allah selalu memberikan Rukhsah atau keringanan kepada hambanya.
Contoh saja, pada saat sholat. Apabila kita tidak bisa sholat pada posisi berdiri, makan Allah memberikan keringanan untuk Duduk. Apabila dalam keadaan duduk pun tidak bisa makan boleh dengan berbaring, jika tidak bisa dapat dengan gerakan jari, apabila tidak bisa dapat dengan kedipan mata, dan apabila hat tersebut tidak bisa maka dapat dengen isyarat. Apabila ketiganya tidak bisa, maka jalan terakhir adalah disholati.
Begitu murahnya Ar-Rahman.

5.     5.  Islam adalah agama yang mengatur seluruh dimensi kehidupan manusia
(QS Al-Maa’idah ayat 3)
Islam itu proposrional tidak hanya mengejar akhirat saja.

6.    6.    Islam adalah agama yang memuliakan Akal.

Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah). (QS Al-Baqarah 269)

Sebagai yang telah diatur dalam hukum pidana dalam Islam, diantaranya: hukuman untuk yg menyebabkan otak orang lain hilang yaitu denda penuh 100 ekor unta.
Betapa Indahnya Islam, Akal pun dimuliakan.
“Akal itu punya batas, seperti mata yang memiliki batas penglihatan” Imam Syafi’i

7.      7.  Islam adalah agama yang membawa kasih sayang dan keadilan

 90. Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (Qs An-Nahl 90)

Allah pun memerintahkan kepada kita untuk berbuat adil kepada kerabat kita, dan  ‘Apabila Fatimah putri Nabi Muhammad mencuri maka  Muhammad sendiri yang akan memotong tanganya. ’

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.” (QS 60:8)

 Salah satu kasih sayang ialah mendakwahi orang-orang yang sedang sakit (yang sedang tersesat dan hilang arah) agar orang-orang tersebut kembali kedapa kebenaran.


Nah begitulah beberapa penyampaian yang saya dengarkan dan saya catat, apabila ada kesalahan datangnya dari mita mah, yang memang masih kerdil, sedikit akan ilmu. Dan sedang sama-sama belajar J
Sekian yah semoga sedikit yang mita bagikan ini bisa bermanfaat buat temen-temen semua :D dan membawa kita semakin cinta terhadap Islam. Dan semoga kita selalu dilindungi oleh Allah dari segala sesuatu hal yang dapat menjauhkan ke Cintaan kita terhadap Allah Ar Rahman : )

Salam

What's this?

You are currently reading Indahnya ISLAM ^^ This is My Way at ♡ My Life is My Adventure ♡.

meta

§ 4 Response to “Indahnya ISLAM ^^ This is My Way”