Ginilah Detik-Detik Anakn Lulusan SMA Menunggu Pengumuman Univesitas

Senin, 27 Juni 2011 § 0

Salam,

Hai Blogger, kemaren yang pada ikutan SNMPTN 2011 (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), gimana mah perasaannya H-3 ini? deg-deg serrr? (ahh digoyang yuk, serrr) Selamat ya, salah satu nikmat itu :) setuju? hehe, husnuzhon semua yang Allah kasih adalah nikmat, dan kita gg boleh lupa untuk bersyukur, Alhamdulillah. Lanjut => sama juga kaya saya mah, juga menunggu hasil ini dengan....... (!@#$%&*%#$%) Smile aja deh. Entah gg tau mati rasa, (lebay) atau gimana. Saya meresapi aja, bahwa saya udah ngerjain semaksimal mungkin, walau kenyataannya mungkin belum maksimal ngerjainnya. entah nyampe 50% engga saya ngerjain. Tapi Insya Allah, Bismillah. Sebenernya mau banget cerita detik2 SNMPTN, waktu SNMPTN, sama setelah SNMPTN. Tapi saya rencanain besok aja ya waktu pengumuman aja, bagaimanapun hasilnya Insya Allah saya share deh, sambil nostalgia SNMPTN :)

Jujur deh, satu tahun yang lalu saya deg-degan buangeeeeeet sama yg namanya SNMPTN (2010 tepatnya). Bukan! Bukan! maksudnya bukan saya yang ikut SNMPTN tahun lalu, jadi sepupu saya tahun lalu kebetulan ikut SNMPTN, dan untuk tahun lalu SNMPTN itu jalur akhir tuh masuk Universitas negeri kayaknya, soalnya Ujian Mandiri Univ Negeri itu sebelum SNMPTN. Dan tahun ini sistem berubah semua deh. Selamat ya sekali lagi buat angkatan sekarang, termasuk saya --' Saya juga heran sendiri sebegitunya mah saya, setiap ada update berita SNMPTN saya langsung deg2 serr sendiri, dan heboh sendiri. Yakin deh. Dan akhirnya dimajuiin kan pengumumannya tahun lalu, saya langsung sms sepupu minta nomer pin dia mau liat hasil, (cari pengalaman buka pengumuman :p #plaaaak) tapi ayah bilang telpon aja, langsung telpon. Tau gg di kamar mita semua kumpul mau mbuka hasil pengumumannya sepupu. Eh, tapi pas di telpn ayah bilang "Wah? Selamta ya Un (namanya Una) dapet ITB? jurusan apa? Arsitek? (karena dia emang jago gambar, khusnya anime) " dan setelah saya buka, sepupu saya dapet ITB Sekolah Farmasi. Wah, bener seneng banget ngerasainnya ikut seneng waktu itu. Dan sekarang, jereeeeeeeeng cling ..... Saya gg ngerasain itu  (-̩̩̩-͡ ̗--̩̩̩͡ ) entah pasrah sama Allah atau gimana, Ya Allah, tapi entah menjelang hari H (semoga pertanda baik aja)



Dan hasil sekarang yang heboh orang tua saya, ya gg lebay pisan sih, ya deg2 serrr katanya. Iya saya, ibu sampe kebawa mimpi. hmm
Pagi ini aja saya mimpi nangis geget banget, sampe2 bangun denger suara ibu lg kekamar mita liat ijasah.. buka mata sedikit gg kerasa netes air mata. Ya 'Alim, bunga tidurkah?
Hari ini udah berapa kali ya ibu ngatain "mit, 3 hari lagi mit.... keterima gg ya mit?" kayaknya lebih dari 5. Ayah juga mita masih ditempat tidur bilang "unying... 3 hari lagi nying" sebelum berangkat ke sekolah juga ngomong gitu ayah. (ayah seorang guru, jadi ada acara pendaftaran siswa baru ikut bantu)
Sebenernya nyeeeess dengernya, jujur deh. gimana ya rasanya?? yah rasain aja sendiri deh kalian >.<
Saya bukan termasuk siswa yang pinter, dan berprestasi jadi emang ngerasain bener-bener butuh perjuangan yang ekstra buat nyari Universitas, jangan salah loh nyari universitas gg segampang nyari SD, SMP bahkan SMA. Selain tes susah, biaya juga harus mikir-mikir, nyukup gg sama kantong bujet orang tua. Jangan sampe kita nyusahin orang tua ngutang sana sini, kasihan lah untuk jenjang kedepannya masih banyak pengeluaran loh.

Sehari kemaren, gg sengaja saya sempet ngombrol sama Ayah sama Ibu, awalnya cuma sama ibu..(karena ayah lagi keluar) "Ibu sempet tanya, gimana mit? kira2 keterima engga? kamu kan yg ngejalanin ngerjain? gimana? kamu ko yo nyante ngono toh? ibu yang gg ngelakuin ikut deg-degan, mau keluar-keluar rasanya males banget nunggu kamu pengumuman, "
Ya Allah, jian gimana ya, jujur mita juga was-was dan khawatir (dalem hati) Astaghfirullah, "lah gimana lagi bu, udah dikerjain soalnya. Tinggal nunggu hasilnya, maunya sih lolos. hmm, gimana ya kira2 kalo gg lolos?"
Dan akhirnya setelah kita ngobrol-ngobrol sana sini, bincang-bincang sama ayah sama ibu yang terkesan nyante senyum sana sini, ketawa kecil... mengharukan sebenernya sih. Tapi ya emang ayah mita kalo gg situasi genting gitu bawaannya ya gg serius nyante tapi serius (loh?) jadi di padu sama ibu, jadinya kemana-mana gg karuan deh :p tapi intinya kita ngomongin masalah ini. Dan  ibu pasti selalu nyelipin do'a yg bikin mita terharu sebenernya "Semoga lah ya mit, Allah ngabulin cita-cita kamu. Mosok yoo, pengen bantu orang.. Insya Allah lah di denger sama Allah. " dalam hati mita cuma bisa Amin Ya Allah, sambil senyum-senyum.
Dan alhasil mita disaranin ikut bimbel aja semisal gg lolos tahun ini, ikut tahun depan lagi. Soalnya mita gg dikasih ambil swasta, dan mita maklumi karena dananya yg luar binasa :p dan gg ikut UM emang jurusan yg pengen mita ambil itu Masya Allah, bisa buat beli rumah uangnya :p

Dan mita diskusiin lagi, kalo emang ini masih mau di perjuangin di coba untuk capai cita-cita, ya udah mita sipa ikut tahun depan Insya Allah, kalo disuruh nyambi kuliah jurusan yg emang besok tahun depan tetep ikut SNMPTN mita gg sanggup buat nyambi2, mita fikir gg efektif dan mubadzir. Buat apa ikut kuliah tahun ini, uang udah keluar, udah fokus ke materi kuliah dan tahun depan disuruh ikut lagi. Mita kayaknya gg bisa, dan ayah ibu nyerti, fair, kita liat besok. Kalo ibu ayah mah setuju dukung Insya Allah :) Okeh, nah kenapa itu yang buat mita tenang Insya Allah mita yakin Allah kasih hasil yang baik, toh tahun ini mita dikasih kesempatan lolos, berarti Allah udah yakin mita mampu dan pantas tahun ini untuk ngelanjutinnya.
Tapi kalo tahun ini belum, mita husnuzhon saya Allah, mita disuruh belajar lagi untuk mantebin, dan memikirkan lagi.. :)

Gg tau kenapa di pikiran mita cuma jurusan satu ini yg jadi main, pokok tujuan mita aja. Sebenernya ada satu lagi, itu cita-cita awal dari SMP, tapi beberapa tahun terakhir udah membulat di satu jurusan ini. gg tau gimana, padahal jurusan ini katanya susah, dan masih favorit. Tapi mita kekeh :(
Oia mita pengen banget ambil Jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Airlangga, sebenernya udah mita sebutin di posting tour ke surabya. Bisa di cek mungkin, :D
Tujuan mita pingin jadi relawan kemanusiaan, bergabung sama mereka2 para pejuang. Dan menurut mita dokter itu biasanya yg dibutuhin, medis yg dibutuhin di setiap bencana. kenapa mita mau kekeh di jurusan itu. Insya Allah mita mau berjuang di situ, Ibu tau Ayah juga tau, nah kenapa mereka kasih saran ikut bimbel dan coba tahun depan ga papa. Thanks mom, dad :*
Dan mita juga mau ambil keguruan Insya Allah, kenapa gitu jauh dari jurusan yg diatas, karena ya itu dia itu cita2 juga yg dari SMP mau jadi guru, kaya ibu Muslimah yang di laskar pelangi, buat mita itu bisa jadi relawan juga. Hihihih :p

Gitu deh ceritanya, gimana sama kamu? gimana cita-cita temen-temen? tujuan temen-temen selanjutnya, buat saran aja. Rancang juga tujuan kamu kenapa ambil sebuah jurusan, buat memotivasi kamu untuk gg galau galau ria gitu, dan meyakinkan diri kamu sendiri. Bisa memotivasi, knapa kamu harus berjuang okeh,
saya jadi inget pas detik2 ngerjain SNMPTN waktu ngisi identitas di lembar jawab

"(Al-Fatihah) Bismillah, Ya Allah.. mita ngerjain ini, ngelaksanain ini, memperjuangin ini semua dengan tujuan untuk Mu Ya Allah, untuk mencari RidhaMu, karena Mu Ya Rahman. Karena orang-orang di luar, orang-orang yang membutuhan bantuan ini, karena untuk orang tua ku, untuk membanggakan dan membahagiakan mereka semua. Mudahkanlah Ya Allah, jika Engkau Ridhai, mudahkan Ya Rahim "

nah itu gg berhenti-berhentinya Al-Fatihah, Istighfar.. karena waktu itu saya dalam kondisi terlambat terus.. dan untuk menenangkan diri. Alhamdulillah, saya ngerjain tenang banget, tanpa ragu. Tanpa deg-degan yang berlebih, tanpa gerogi. Alhamdulillah dikasih kelancaran,
Jadi, selamat menunggu ya temen-temen, apapun hasilnya. Husnuzhon aja saya Allah. Oke

Salam :)

What's this?

You are currently reading Ginilah Detik-Detik Anakn Lulusan SMA Menunggu Pengumuman Univesitas at ♡ My Life is My Adventure ♡.

meta